Senin, 29 September 2008

Apakah Lailatul Qodar itu?

Lailatul qodar artinya adalah malam yang berpangkat. Malam yang mempunyai derajat yang tinggi bila kita memanfaatkannya untuk beribadah. yang berhak mendapatkan pahala lailatul qodar adalah orang yang bersungguh-sungguh beribadah, berdoa, sholat, berdzikir, dan amalan ibadah lainnya selama 10 hari malam terakhir bulan romadhon dimulai dari awal malam sampe waktu sahur. Di hadist disebutkan, doa yang sebaiknya dibaca sebanyak-banyaknya saat Lailatul Qodar yaitu: “Allohumma innaka afuwun karim, tuhibbul afwa fa’fuanni”, yang artinya “Ya Alloh, sesungguhnya Engkau maha pengampun dan maha mulya, senang Engkau pada pengampunan, maka ampunilah aku”.

Diriwayatkan Ibnu Abi Hatim: Dari Ali bin Urwah, Nabi Muhammad SAW pernah bercerita bahwa ada 4 orang dari kaum Bani Isroil yang beribadah selama 80 tahun dan tidak pernah menentang kepada Alloh meski sekejap matapun, 4 orang tersebut adalah Nabi Ayub, Nabi Zakaria, Hizkil bin ‘Ajuzz dan Yusa’ bin Nun. Mendengar cerita Rasulullah tersebut Ali bin Urwah kaget keheranan terkagum-kagum betapa hebatnya ibadah ke 4 orang Bani Isroil tersebut.

Sesaat kemudian malaikat Jibril datang menghampiri nabi Muhammad SAW, lalu berkata: “Hai Muhammad lihatlah kaum Engkau, betapa terheran-herannya mendengar cerita Mu tentang ke 4 orang Bani Isroil itu padahal sesungguhnya Alloh telah menurunkan yang lebih baik dari itu (Ibadah ke 4 orang Bani Isroil selama 80 tahun tanpa menentang Alloh sekejap matapun).”

Kemudian kepada nabi Muhammad SAW Malaikat Jibril membacakan wahyu Alloh SWT (QS. Al-Qodr). Selanjutnya malikat Jibril mengatakan kepada Nabi Muhammad SAW, “Lailatul Qodr ini lebih afdhol dari apa yang Engkau dan umat Engkau herankan atas ibadah ke 4 orang Bani Isroil itu.” Serta merta Nabi Muhammad dan para sahabat saat itu merasa senang tak terkira.

Subhannalloh, meski kita kaum akhir zaman yang nota bene lemah diberi kesempatan oleh Alloh untuk meraih keutamaan yang lebih besar dengan usaha yang lebih mudah dan ibadah yang lebih ringan jika dibanding kaum-kaum terdahulu yang kuat dan tentunya ibadahnya juga sangat luar biasa itu.

Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) mengajak dan menyeru kepada segenap muslimin dan muslimat untuk meramaikan masjid dengan ibadah dan amal sholeh dalam 10 malam terakhir di bulan Ramadhan ini tanpa melewatkan 1 malampun, dengan harapan Lailatul Qodr dapat kita raih. Mari persiapkan diri kita masing-masing, fisik maupun mental, fokuskan segala perhatian dan waktu 10 malam terakhir ini, ITIKAF di Masjid itu lebih baik.

Sumber : Blog LDII

Tidak ada komentar: