Senin, 29 September 2008

7 Titik Pemantau Hilal Tak Bisa Melihat Bulan

Jakarta - Memasuki hari ke-29 Ramadan, di 7 titik pemantau hilal tidak terlihat adanya bulan baru. Ramadan akan digenapkan menjadi 30 hari.

Pemantauan 7 titik hilal di Indonesia itu telah dilaksanakan hari ini. Berdasarkan hasil sementara sidang isbat yang berlangsung pada Senin (29/9) di Departemen Agama, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, dari semua lokasi yang dipantau tidak terlihat adanya hilal atau bulan.

Karena Ramadan akan digenapkan menjadi 30 hari, sehingga Lebaran jatuh pada 1 Oktober 2008.

Seperti di NTT, pengamat di sana tidak bisa melihat hilal meski cuaca sangat bagus. Hingga matahari terbenam, alat teropong bulan tidak bisa melihat posisi hilal.

Sementara di daerah Aceh di Lok Ngah, yang cuacanya tertutup mendung tebal, peneropong tidak bisa melihat hilal. Begitu juga 5 daerah yang lain, seperti Bosscha Lembang Bandung, Masjid Agung Semarang, Condrodipo Gresik, Tanjung Kodok Lamongan, dan Mal GTC Tanjung Bunga Makassar.

Selain disebabkan cuaca buruk, di beberapa lokasi hilal tidak bisa dilihat karena posisi hilal sangat dekat dengan matahari. Hal ini terjadi di Bosscha Lembang Bandung, karena posisi bulan di atas matahari sehingga bulan masih tertutup cahaya matahari. Demikian juga di daerah Tanjung Kodok Lamongan.(ken/ndr)

Sumber : Detik dot Com

Tidak ada komentar: